Infotainment & Entertainment
Indeks

Tragedi Stadion Kanjuruhan, PB HMI Desak Kapolri Copot Kapolda Jatim dan Kapolres Malang

hooq.id – Dewan Pimpinan HMI mendesak Kapolri memberhentikan Kapolda Jatim dan Kapolres Malang menyusul tewasnya ratusan pendukung Arima Malang di Stadion Kanjuruhan, Sabtu malam (1/11/2022).

Wakil Sekjen PB HMI Arfino Bijuangsa Koto menilai polisi menembakkan gas air mata dalam kerusuhan itu melanggar cita-cita Kapolri saat ini sehingga institusi Kapolri semakin baik.

“Jika memungkinkan, singkirkan Kapolda dan Kapolres karena telah membunuh ratusan orang. Karena itu, institusi Kapolri akan kembali memburuk.”

Baca juga: Data dan Nama Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan Malang, Kematian Anak-anak Hingga Dewasa

Lebih lanjut Arvino mengatakan, dilarang menembakkan gas air mata dalam penanganan kerusuhan di stadion sepak bola.

“FIFA melarang penggunaan gas air mata jika terjadi kerusuhan di stadion, dan larangan penggunaan gas air mata tertuang dalam peraturan keselamatan dan keamanan Stadion FIFA,”

Dalam Bagian 19 b) tertulis, ‘Senjata api atau ‘gas pengendali massa’ tidak boleh dibawa atau digunakan. Dia melanjutkan, “Aturan ini menyatakan bahwa dilarang membawa dan menggunakan senjata api atau gas untuk pengendalian massa, sehingga jelas polisi melanggar aturan.”

Sebelumnya, setelah wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhirnya pertandingan antara Arima Malang vs Persibaya, suporter Arima yang kalah bertanding masuk ke dalam stadion. Diperkirakan ada ribuan orang.

Baca juga: Kronologi Kerusuhan Arima Lawan Persibaya, Gas Air Mata Bawa Bencana

Melihat hal tersebut, polisi menembakkan gas air mata hingga fans berhamburan ke pintu keluar, terinjak-injak dan akhirnya kekurangan oksigen, banyak di antaranya tewas.

Menurut Arvino, strategi pengamanan jika terjadi keadaan darurat atau huru hara di lapangan perlu lebih ditingkatkan, misalnya dengan menambah personel dan alat keamanan lainnya.

“Jadi kamu tidak perlu bersikap kasar seperti itu,” katanya. (KK)

READ  Jadwal Acara Trans7 Hari Ini Rabu, 5 Oktober 2022, Bocah Petualang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *