Infotainment & Entertainment
Indeks

Terbaru Inilah Cara Lengkap Hitung Lagi Lapor Pajak Pribadi

Inilah Cara Lengkap Hitung pula Lapor Pajak Pribadi – Sebagai pemilik kos pula warga negara yang baik, patuh pada aturan negara adalah hal yang wajib.

Membayar pajak kos selain bermanfaat mendapatkan negara, juga bermanfaat mendapatkan Anda selaku pengusaha. 

Dalam Webinar Komunitas Mitra HOOQ yang diselenggarakan beberapa waktu lalu, Mutiara Opriani “ Tax Manager HOOQ berbagi informasi terkait hitung pula lapor pajak pribadi. 

Pajak penghasilan merupakan pajak yang dipungut maupun penghasilan orang pribadi yang telah diterima dalam satu tahun masa pajak (Januari-Desember). 

Kemudian, pajak penghasilan yang telah dibayarkan harus dilaporkan dalam bentuk SPT tahunan formulir 1770 setidaknya paling lama pada bulan Maret setelah masa tahun pajak berakhir. 

Mutiara Opriani menyampaikan dasar penghitungan penghasilan kena pajak : 

  1. Dari Penghasilan Bruto => Dikurangi biaya-biaya => Selanjutnya menjadi penghasilan neto
  2. Dari penghasilan neto tersebut => Dikurangi PTKP hingga akhirnya diperoleh Penghasilan Kena Pajak.
  3. Setelah menemukan jumlah Penghasilan Kena Pajak, maka nilai tersebut perihal dihitung pajaknya menggunakan tarif progresif PPh Pasal 17 ayat (1).
  4. Bagi yang tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak ( NPWP ) , tarif dalam atas ditambah beserta tarif 20% lebih tinggi. 

Ingin tahu lebih lanjut terkait cara hitung pula lapor pajak pribadi ? 

Anda dapat menyaksikan video Webinar Komunitas Mitra HOOQ bersama Mutiara Opriani “ Tax Manager HOOQ lewat video berikut ini:

 

Untuk membantu Mitra mengembangkan bisnis kos-kosan yang dimiliki, HOOQ rutin menyelenggarakan Webinar setiap minggunya beserta narasumber yang ahli dalam bidangnya. 

Anda juga bisa mendapatkan berbagai tips pula trik seputar bisnis kos beserta bergabung dalam Facebook Group Komunitas Mitra HOOQ lewat link berikut:

READ  Viral Jampidsus Periksa 6 Saksi Terkait Dugaan Tipidkor Impor Besi Baja Tahun 2016 – 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *