Infotainment & Entertainment
Indeks

Modul 3.2 Guru Penggerak 2022

Untuk memfasilitasi program pendidikan guru setiap musimnya, tim Kemendikbud memperkenalkan modul untuk memfasilitasi kegiatan CGP agar menjadi guru terbaik di Indonesia menjadi pemimpin sekolah yang fokus belajar (Educational Leaders). Salah satunya adalah Modul 3.2 “Pemimpin dalam Manajemen Sumber Daya” yang kami bagikan dalam posting ini.

Gambar Unit 3.2 Guru Penggerak 2022

Bapak dan Ibu Guru Motivasi Potensial, Selamat datang kembali di Modul Pelatihan Motivasi Calon Guru! Kami saat ini masuk ke modul Pemimpin dalam Manajemen Sumber Daya.

Seperti kita ketahui, sekolah berkomitmen untuk membangun ekosistem yang mampu merangsang tumbuh kembang siswa dalam rangka mencapai profil siswa Pancasila. Keberhasilan proses pembelajaran sangat tergantung pada bagaimana sekolah memandang ekosistemnya: apakah itu kekuatan atau kelemahan. Sebuah sekolah yang memandang semua sumber daya yang Anda miliki sebagai kekuatan dan aset, sekolah ini tidak akan fokus pada kekurangan Anda tetapi berusaha untuk memanfaatkan kekuatan dan aset Anda.

Sumber daya akan digali sebagai kekuatan dalam pembahasan tujuh modal utama, yaitu modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan/alam, modal keuangan, modal politik, dan modal agama dan budaya. Ketujuh aset permodalan tersebut telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP), khususnya terkait dengan standar sarana dan prasarana (modal fisik dan lingkungan/modal alam), standar pendidikan dan pengajaran (modal manusia dan modal sosial), dan standar pembiayaan (modal finansial). modal). , standar manajemen dan pendidikan (modal politik, modal sosial).

Dengan menyadari banyaknya sumber daya yang dimiliki sekolah, unit ini akan mengajak Bapak/Ibu calon guru untuk selalu melihat sumber daya tersebut sebagai aset/kekuatan yang dapat digunakan untuk pembelajaran ramah siswa. Unit ini merupakan bagian dari paket Modul 3 yang juga merupakan paket unit terakhir dalam Program Motivasi Pendidikan Guru. Seperti pada modul lainnya, kami yakin Anda sudah terbiasa dengan proses pelatihan yang lebih jelas dan reflektif. Di akhir program ini, Anda akan selalu merenungkan semua yang telah Anda peroleh dari pemahaman tentang apa yang terjadi dalam aktivitas sehari-hari Anda sebagai guru.

READ  Samsung Gandeng Insinyur Stanford Kembangkan Layar OLED 10.000 PPI

Unit ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pencapaian kompetensi lulusan sebagai berikut:

1. Guru kepemimpinan memberikan pendampingan kepada seluruh warga sekolah untuk dapat menggunakan pendekatan refleksif dan iteratif dalam mengelola program dan sumber daya sekolah.

2. Program insentif merencanakan, memulai, dan mengatur kerangka program pengembangan sekolah yang mempromosikan kepemimpinan siswa berbasis bukti.

3. Guru memotivasi memfasilitasi keterlibatan orang tua/wali dan masyarakat dalam pengembangan sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar siswa.

Secara umum profil kompetensi guru yang memotivasi yang ingin dicapai dari modul ini adalah CGP mampu:

1. Mengidentifikasi dan memperoleh sumber dari berbagai sumber yang sah untuk mengelola program sekolah

2. Memanfaatkan sumber daya sekolah secara efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Secara khusus, unit ini diharapkan dapat membantu calon guru untuk dapat:

sebuah. Menganalisis aset dan kekuatan pengelolaan sumber daya secara efisien dan efektif.

B. Rancang peta potensi sekolah menggunakan pendekatan pengembangan masyarakat berbasis aset.

c. Menunjukkan sikap aktif, terbuka, kritis dan kreatif dalam upaya pengelolaan sumber daya.

Isi satuan:

1. Sekolah sebagai ekosistem

2. Pendekatan pengembangan masyarakat berbasis aset

3. Tujuh ibu kota utama

Dilengkapi dengan komponen materi edukasi seperti contoh gambar, video, dan fitur interaktif untuk menarik perhatian peserta tutorial. Sehingga unit ini menjadi salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk mencari calon guru yang potensial

Sangat mudah untuk mengakses dan menggunakan modul ini secara mandiri oleh setiap guru dimanapun dan kapanpun melalui internet melalui portal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nah, dengan tujuan untuk memudahkan rekan-rekan yang terlibat dalam pelatihan guru. Kali ini kami akan membagikan unit yang dirakit oleh dr. Siti Suharsih, SS, M.Pd & Yuni Widiastuti, S.Si, M.Psi.hooq.id dan dicetak oleh Kemdikbudristek, General Manager GTK, Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Kependidikan tahun 2022. Dapat diunduh melalui sederhana ini blog, jadi kami berharap dapat melengkapi materi pendidikan bagi para peserta.

READ  Cara Melihat Story IG Tanpa Diketahui Pemiliknya Online

Untuk membaca isi lengkap dari modul yang kami jelaskan di atas. Di sini Anda dapat mengunduh file lengkap dalam pdf melalui tautan yang kami sediakan.

Atau unduh modul Leaders di Resource Management. pdf

Akhirnya, kami puas dengan informasi kali ini di sini. Kami berharap dapat bermanfaat bagi kita semua. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkan pesan di komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *