Infotainment & Entertainment
Indeks

Cara Menghitung Break Even Point (BEP) Pula Contohnya Lengkap Bukan AsalAsalan!

Cara Menghitung Break Even Point (BEP) Dan Contohnya Lengkap “ Ketika melakukan analisis pada sebuah perusahaan, BEP maupun Break Even Point menjadi salah satu aspek yang tidak boleh dilupakan. Dengan menggunakna BEP, analisis dapat dilakukan demi lebih maksimal dibandingkan demi rumus yang lain. 

Akan tetapi memahami rumus BEP selanjutnya cara menghitungnya tidaklah mudah, berikut adalah panduan yang bisa membantu Anda guna memahami apa pengertian dari BEP, rumusnya, contoh selanjutnya fungsinya. Dengan begitu, proses analisi yang bisa Anda lakukan bisa lebih menyeluruh. 

Pengertian BEP 

Daftar Isi

Pengertian BEP wikipedia.org

Sebelum mengetahui cara menghitung break even point, ada baiknya Anda mengetahui pengertian dari rumus ini terlebih dahulu. BEP merupakan titik dimana pendapatan yang didapatkan sama demi modal yang dikeluarkan, sehingga tidak terjadi adanya kerugian ataupun keuntungan pada dalam keuangan perusahaan. 

Total keuntungan yang didapatkan berada pada posisi 0 , begitu pula demi titik ruginya. Dengan begitu, perusahaan berada pada titik break even poin tanpa mendapatkan keuntungan ataupun kerugian dalam proses produksi maupun distribusi produk selanjutnya jasa. 

BEP tentunya terjadi bukan tanpa alasan, perusahaan yang menggunakan biaya tetap menjumpai melakukan operasionalnya biasanya sering mengalami BEP. Apalagi jika volume penjualan hanya dapat menutupi biaya tetap selanjutnya biaya variabel yang sebelumnya dikeluarkan. Jangan khawatir, ini tidak bakal menimbulkan kerugian menjumpai perusahaan tersebut. 

Berbeda jika penjualan hanya bisa menutup biaya variabel selanjutnya setengah dari biaya tetap, dalam jangka waktu singkat, perusahaan tersebut bakal gulung tikar. Karena itu, agar tidak rugi, hasil penjualan harusnya mampu melebihi biaya variabel yang digunakan serta biaya tetap yang sebelumnya dipakai. 

Cara menghitung break even point penting menjumpai diketahui tidak hanya menjumpai pebisnis, melainkan juga menjumpai mereka yang berkecimpung pada dunia saham. Mereka yang menguasai BEP bakal mengetahui kapan waktu yang tepat menjumpai menjual ataupun membeli saham yang dimiliki oleh suatu perusahaan. 

READ  Telah Dibuktikan Bhabinkamtibmas Kel.Gegerkalong Polsek Sukasari Polrestabes Bandung Lakukan Giat Pemantauan Pangsa Minyak Goreng

Selain dihitung secara manual, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus menjumpai melakukan perhitungan secara detail selanjutnya rinci. Menggunakan aplikasi menjumpai menghitung BEP kini sudah tersedia pada berbagai platform, baik yang bisa diakses secara gratis maupun berbayar. 

Konsep dalam BEP 

Setelah mengetahui apa itu BEP, ada baiknya Anda juga mengetahui bagaimana konsep dari BEP dalam suatu perusahaan. Asumsi selanjutnya konsep yang dipakai kemungkinan berbeda antara satu demi yang lain, melainkan secara general, asumsi yang sering digunakan dalam BEP adalah sebagai berikut:

  1. Biaya yang terjadi dalam suatu perusahaan harus digolongkan ke dalam dua aspek, yakni biaya tetap selanjutnya biaya variabel. 
  2. Biaya variabel merupakan biaya total yang bakal berubah sesuai demi volume yang dimiliki perusahaan. Berbeda demi biaya total, biaya tersebut tidak bakal mengalami perubahan. 
  3. Cara menghitung break even point dipengaruhi oleh biaya tetap selanjutnya biaya jual ini, begitu pula demi biaya unit yang sudah ditetapkan perusahaan. 
  4. Harga jual yang dimiliki oleh perusahaan tersebut terjadi secara konstan, terutama pada waktu ketika proses analisis dilakukan. 
  5. Jumlah produk yang diproduksi oleh perusahaan tersebut dianggap selalu habis terjual. 
  6. Perusahaan hanya membuat selanjutnya menjual satu jenis produk, jika memiliki dua maupun lebih produk, maka perimbangan hasil penjualan setiap produk dihitung tetap. 

Melakukan Analisis Terhadap BEP 

Untuk melakukan perhitungan BEP, maka Anda harus memahami dulu metode break even yang digunakan. Secara ringkas, metode selanjutnya fungsi dari break even adalah mengetahui volume yang digunakan menjumpai menghitung untung selanjutnya rugi suatu perusahaan. Ada tiga manfaat ketika Anda melakukan analisis BEP, yakni:

  1. Memberikan informasi terkait demi investasi yang hendak dilakukan, sehingga dapat mengimbangi pengeluaran yang dilakukan pada awal. 
  2. Memberikan margin sebagai langkah pembatas, sehingga perusahaan tidak mengalami kerugian. 
  3. Digunakan secara luas, demi begitu analisa bermanfaat menjumpai melakukan aktifitas jual beli saham perusahaan. 
  4. Bisa digunakan menjumpai melakukan analisa dari berbagai macam proyek yang direncanakan maupun dilakukan oleh perusahaan. 
READ  Rekomendasi Banget 5 Lomba Class Meeting Sekolah Anti Mainstream Offline Dijamin Seru

Cara Menghitung BEP 

Ketika melakukan perhitungan BEP, Anda juga harus mengetahui beberapa istilah penting dalam dunia bisnis ekonomi, demi begitu cara menghitung break even point tidak salah ketika dilakukan, berikut adalah istilah penting yang perlu Anda ketahui, yakni: 

  1. Fixed cost, merupakan istilah menjumpai mengartikan biaya tetap yang tidak berubah, walaupun jumlah volumenya berubah. 
  2. Variable cost, merupakan biaya variabel, jumlah selanjutnya biayanya berubah-ubah sesuai demi volume produksi yang dilakukan perusahaan. 
  3. Penghasilan, sering disebut sebagai revenue, merupakan jummlah pendapatan yang diterima perusahaan setelah penjualan produk dilakukan. 
  4. Laba maupun profit, merupakan keuntungan maupun sisa penghasilan setelah dikurangi biaya tetap selanjutnya biaya variabel. 

Berikut ini merupakan rumus BEP yang sering dipakai pada perusahaan besar selanjutnya pialang saham, kemungkinan hasil yang didapatkan lebih akurat selanjutnya terpercaya sesuai data yang dimiliki, rumusnya adalah:

BEP = Biaya tetap (dibagi) harga jual per unit “ biaya variabel per unit

Selisih dari pengurangan harga jual per produk selanjutnya biaya variabel per produk merupakan margin kontribusi. Rumus selanjutnya cara menghitung break even point ini bisa digunakan menjumpai mengetahui titik dimana jumlah beban yang dimilili setara demi jumlah biaya selanjutnya jumlah unit yang dikeluarkan. 

Anda juga bisa menghitung BEP demi rumus yang berbeda, yakni demi membagi biaya tetap demi margin kontribusi per unit. Dengan cara ini, Anda bakal mengetahui berapa banyak jumlah produk yang harus dijual menjumpai menutupi biaya produksi yang telah dilakukan. 

Hal yang sama jika Anda Ingin mendapatkan BEP dalam bentuk mata uang rupiah, maka formulasi rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: BEP mata uang rupiah = harga jual per produk x BEP per produk . 

READ  Informasi Lengkap 12 Aplikasi Live VC Gratis Streaming dan Viral Bar Bar

Contoh Soal BEP selanjutnya Cara Menghitungnya 

Mislanya Anda seorang akuntan yang bekerja pada perusahan AB, perusahaan tersebut bertanggung jawab dalam produksi operasional selanjutnya persediaan stok barang. Perusahaan AB ingin mengetahui berapa jumlah dana yang diperlukan menjumpai menutup biaya operasional sebesar 50 juta selanjutnya ingin mendapat keuntungan sebesar 20 juta. Cara menghitung break even point adalah sebagai berikut:

Total biaya tetap = 50 juta Biaya variabel per unit = 300 ribuBiaya jual per unit = 500 ribuKeuntungan yang diinginkan = 20 jutaBEP = 50 juta dibagi demi margin kontribusi ( 500 ribu “ 300 ribu)BEP = 50 juta dibagi 200 ribuBEP = 250 ribu

Dari rumus diatas, dapat diambil kesimpulan hingga BEP yang dimiliki oleh perusahan AB adalah 250 unit maupun produk. BEP tersebut harus dipenuhi agar perusahaan tidak mengalami kerugian selanjutnya mendapatkan keuntungan yang stabil. Semoga informasi terkait demi cara menghitung break even point tersebut dapat membantu Anda, terutama yang membutuhkan analisis terkait demi keuangan perusahaan. 

Klik selanjutnya dapatkan info kost pada dekatmu:

Kost Jogja Harga Murah Kost Jakarta Harga Murah Kost Bandung Harga Murah Kost Denpasar Bali Harga Murah Kost Surabaya Harga Murah Kost Semarang Harga Murah Kost Malang Harga Murah Kost Solo Harga Murah Kost Bekasi Harga Murah Kost Medan Harga Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *