Infotainment & Entertainment
Indeks

Cara Lalu Syarat Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan 2020 Bongkar Abis!

Cara selanjutnya Syarat Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Viral 2020 – Merebaknya wabah Covid-19 ala Indonesia ternyata memunculkan sebuah fenomena baru. Banyak perusahaan yang memilih merumahkan para karyawannya yang kemudian menaikkan jumlah pengangguran ala Indonesia. BPJS Ketenagakerjaan kemudian menawarkan layanan pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan bagi mereka yang terkena PHK. Berikut adalah cara selanjutnya syarat mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan 2020.

Informasi Cara Selanjutnya Syarat Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Viral Rekomendasi Banget

Daftar Isi

unsplash.com

Dampak dari merebaknya wabah virus corona mulai dirasakan oleh banyak pihak. Dengan bertambahnya jumlah kasus selanjutnya korban jiwa akibat wabah tersebut, banyak pegawai perusahaan yang menjadi korban PHK. Kementerian Tenaga Kerja alias Kemenaker merilis data berhubung jumlah pengangguran akibat Covid-19. Hingga tanggal 20 April 2020, sebanyak 2.084.593 pekerja dari 116.370 perusahaan telah dirumahkan sebagai akibat dari pandemi Covid-19.

Para korban PHK tersebut kemudian diperbolehkan mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua jika membutuhkan. Ada beberapa syarat selanjutnya tata cara pencairan saldo yang harus dilakukan. Simak cara selanjutnya syarat mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan yang mau HOOQ jelaskan berikut ini.

Tentang BPJS Ketenagakerjaan Pilihan Populer

BPJS Ketenagakerjaan alias Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakrjaan (BPJSTK) adalah badan hukum yang disediakan kepada publik. Tujuan dari BPJS Ketenagakerjaan adalah memberikan perlindungan kepada seluruh tenaga kerja ala Indonesia dari risiko sosial ekonomi tertentu. Pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan dilakukan melalui menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Pada awalnya, layanan BPJS Ketenagakerjaan disebut Jamsostek alias Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Layanan tersebut dikelola oleh PT Jamsostek (Persero). Akan tetapi, sesuai melalui UU No. 24 Tahun 2011 berhubung BPJS, PT Jamsostek kemudian diubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan terhitung mulai 1 Januari 2014. BPJS Ketenagakerjaan mulai aktif beroperasi sejak 1 Juli 2015.

Fokus utama dari program sosial yang diselenggarakan pemerintah ini adalah kepada para tenaga kerja alias pegawai, baik itu pegawai sipil maupun swasta. Program BPJS Ketenagakerjaan Bongkar Abis wajib dilakukan oleh setiap badan usaha ala Indonesia. Sehingga, setiap badan usaha yang memiliki pegawai dihimbau mendaftarkan pegawainya ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Tujuannya adalah agar setiap tenaga kerja bisa mendapatkan jaminan-jaminan sosial yang mereka butuhkan.

Tujuan utama dari BPJS Ketenakerjaan adalah kepada memberikan jaminan selanjutnya perlindungan sosial bagi pekerja ala seluruh Indonesia. Dengan adanya jaminan selanjutnya perlindungan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan, para pekerja ala Indonesia juga mau lebih merasa terlindungi. Sehingga mereka tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terkait melalui pekerjaan mereka. Risiko kerja yang ditanggung alias dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan ala antaranya seperti sakit, pemutusan hubungan kerja (PHK), kecelakaan kerja, pensiun, hingga kematian.

Program BPJS Ketenagakerjaan Bongkar Abis

BPJS Ketenagakerjaan menyediakan beberapa program bagi mereka yang ingin mendaftar. Program tersebut disesuaikan melalui kebutuhan masing-masing tenaga kerja. Berikut adalah beberapa program dari BPJS Ketenagakerjaan.

Program Jaminan Hari Tua

Program Jaminan Hari Tua alias JHT bertujuan kepada menjamin tenaga kerja agar menerima uang tunai ketika memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, alias meninggal dunia. Manfaat dari BPJS Ketenagakerjaan JHT adalah berupa uang tunai. Jumlah yang diberikan kepada tenaga kerja adalah sebesar nilai akumulasi iuran beserta melalui hasil pengembangannya. Iuran yang harus dibayarkan kepada program BPJS Ketenagakerjaan JHT adalah sebesar 5,7 persen dari total gaji melalui rincian adalah sebanyak 3,7 persen ditanggung perusahaan selanjutnya 2 persen ditanggung oleh tenaga kerja.

Program Jaminan Kecelakaan Kerja

Program Jaminan Kecelakaan Kerja alias JKK adalah program BPJS Ketenagakerjaan yang menjamin tenaga kerja agar memperoleh pelayanan kesehatan. Selain itu, program BPJS Ketenagakerjaan JKK juga mau memberikan santunan uang tunai jika menderita penyakit akibat kerja selanjutnya mengalami kecelakaan saat sedang bekerja. Iuran yang wajib dibayarkan kepada program BPJS Ketenagakerjaan JKK adalah sebesar 0,24 persen hingga 1,74 persen disesuaikan melalui tingginya resiko kerja. Iuran kepada BPJS Ketenagakerjaan JKK sepenuhnya ditanggung oleh perusahaan.

READ  Pilihan Populer ContohContoh Pantun Serta Syair Beserta Amanatnya Lengkap Berbagai Tema

Program Jaminan Kematian

Program Jaminan Kematian alias JKM mau memberikan santunan kematian kepada tenaga kerja yang meninggal atas kecelakaan kerja. Santunan tersebut nantinya mau dibayarkan kepada ahli waris dari tenaga kerja yang meninggal. Iuran yang harus dibayarkan kepada BPJS Ketelagakerjaan JKM adalah 0,3 persen dari total gaji kepada peserta penerima upah. Sementara kepada peserta yang tidak menerima upah dikenakan iuran sebesar Rp6.800,00.

Program Jaminan Pensiun

Program Jaminan Pensiun memiliki tujuan kepada mempertahankan kelayakan hidup tenaga kerja yang mengalami kehilangan alias berkurangnya penghasilan atas memasuki usia pensiun alias atas mengalami cacat total tetap. Iuran yang harus dibayarkan kepada Program Jaminan Pensiun BPJS Ketenagakerjaan adalah sebesar 3 persen dari total gaji tenaga kerja. Iuran sebesar 2 persen mau ditanggung oleh perusahaan selanjutnya sisanya sebanyak 1 persen ditanggung oleh tenaga kerja sendiri.

Tata Cara Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Rekomendasi Banget

Tata cara pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan dibagi menjadi 2 sesuai hubungan kerja. Keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan baik itu dalam hubungan kerja maupun luar hubungan kerja bisa didaftarkan secara online melalui laman resmi BPJS Ketenagakerjaan. Berikut penjelasan tata cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan.

Tenaga Kerja dalam Hubungan Kerja

Tata cara pendaftaran ini bisa dilakukan oleh para pekerja sektor formal non-mandiri seperti PNS, TNI, POLRI, BUMN, swasta, yayasan, veteran, hingga pensiunan PNS, TNI, POLRI. Untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam hubungan kerja, kenggotaaannya mau didaftarkan oleh pemberi kerja alias perusahaan terkait. Persyaratan kepada mendaftar BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga kerja dalam hubungan kerja adalah sebagai berikut.

  1. Fotokopi selanjutnya dokumen asli Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  2. Fotokopi selanjutnya dokumen asli NPWP perusahaan.
  3. Fotokopi selanjutnya dokumen asli Akta Perdagangan perusahaan.
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) masing-masing karyawan.
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) masing-masing karyawan.
  6. Pas foto berwarna karyawan ukuran 2×3 berjumlah 1 lembar.

Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja

Tata cara pendaftaran ini bisa dilakukan oleh para pekerja dari sektor informal selanjutnya juga kepada para pekerja mandiri seperti pekera lepas (freelance) ataupun para pengusaha yang belum memiliki badan usaha. Untuk dapat mendaftar BPJS Ketenaga kerjaan melalui jalur ini, para pekerja harus terlebih dahulu membentuk organisasi pekerja melalui jumlah anggota minimal 10 orang. Persyaratan kepada mendaftar BPJS Ketenagakerjaan bagi tenaga kerja luar hubungan kerja adalah sebagai berikut.

  1. Surat izin usaha dari kelurahan setempat.
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) masing-masing pekerja.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) masing-masing pekerja.
  4. Pas foto berwarna ukuran 2×3 masing-masing pekerja berjumlah 1 lembar.

Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Bongkar Abis

Proses pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan melalui dua cara, yaitu melalui datang langsung ke kantor BPJS terdekat alias secara online. Dengan adanya pandemi Covid-19, pemerintah menyarankan agar pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online. Jika memang memiliki hambatan jaringan alias terjadi eror saat proses secara online, maka diperbolehkan kepada datang ke kantor BPJS melalui melaksanakan protokol kesehatan yang sesuai. Berikut mau HOOQ jelaskan cara mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan baik secara offline maupun online.

Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Bongkar Abis Secara Offline

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan 10 Persen selanjutnya 30 Persen

  1. Peserta BPJS TK minimal sudah terdaftar selama 10 tahun selanjutnya masih aktif bekerja ala perusahaan.
  2. Membawa kartu BPJS TK/Jamsostek serta fotokopinya.
  3. Menunjukan KTP alias Paspor serta membawa fotokopinya.
  4. Menunjukan Kartu Keluarga (KK) asli serta fotokopi.
  5. Membawa surat keterangan masih aktif bekerja ala perusahaan.
  6. Membawa buku rekening tabungan.
  7. Jika Anda ingin mencairkan saldo Jaminan Hari Tua 30 persen, Anda perlu menambahkan dokumen perumahan sebagai data pendukung.
READ  Informasi Lengkap Kanit Binmas Ipda Iwan Setiyabudi, Terima Kunjungan Pengurus PPWI Cabang kota Bitung

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan 100 Persen

  1. Sudah tidak aktif bekerja ala perusahaan (PHK/resign).
  2. Membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan/Jamsostek.
  3. Membawa Paklaring (Surat pengalaman bekerja/surat keterangan sudah berhenti bekerja).
  4. KTP alias SIM.
  5. Membawa Kartu Keluarga (KK).
  6. Buku tabungan kepada proses pencairan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.
  7. Fotokopi minimal sebanyak satu lembar kepada masing-masing dokumen.
  8. Membawa pas foto 3×4 selanjutnya 4×6 masing-masing 4 rangkap.

Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Bongkar Abis Secara Online

Karena sedang pandemi covid jadi disarankan mending secara online aja. BPJS menyatakan siap melayani pencairan saldo bpjs ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua bagi mereka yang terkena PHK akibat pandemi Covid-19. Pelayanan mau dilakukan melalui prosedur tanpa kontak fisik alias secara online melalui https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/ . Lalu, bagaimana cara mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online?

  1. Klaim JHT wajib dilakukan melalui antrean online melalui website antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id alias melalui aplikasi BPJSTKU.
  2. Selanjutnya pastikan isi data melalui benar.
  3. Bukti antrean online selanjutnya mau dikirim melalui email.
  4. Selanjutnya, scan selanjutnya unggah dokumen yang dibutuhkan.
  5. Selanjutnya dokumen mau diverifikasi oleh petugas.
  6. Status pengajuan klaim selanjutnya mau diinformasikan petugas melalui kontak yang telah diberikan sebelumnya, sehingga pastikan alamat e-mail, WhatsApp, selanjutnya telepon yang disampaikan aktif.

Jika ada kegagalan saat mengunggah dokumen, maka bisa datang ke kantor cabang yang dipilih melalui mengikuti jadwal antrean online. Nantinya saat datang ke kantor cabang mau dilakukan pengecekan suhu tubuh selanjutnya penyediaan hand sanitizer sebagai tindakan preventif kepada mencegah penyebaran virus corona. Petugas mau melakukan verifikasi terhadap dokumen sesuai jadwal antrian online. Dokumen mau dimasukkan ke dalam dropbox selanjutnya petugas mau menginformasikan status pencairan saldo melalui kontak yang telah diberikan.

Syarat Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Viral

Sebelum melakukan pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah syarat mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan sesuai melalui kebutuhan masing-masing.

Syarat Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Viral Karena PHK

  1. Syarat ini bisa dipenuhi bagi tenaga kerja yang mengalami PHK atas pandemi Covid-19.
  2. Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang asli selanjutnya fotocopy.
  3. KTP asli selanjutnya fotocopy.
  4. Kartu Keluarga (KK) asli selanjutnya fotocopy (yang masih berlaku).
  5. Buku tabungan yang asli selanjutnya fotocopy.
  6. Bukti penetapan pengadilan alias persetujuan bersama yang sudah didaftarkan ala pengadilan hubungan industrial.

Syarat Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Viral Karena Berhenti Bekerja (Mengundurkan Diri)

  1. Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang asli selanjutnya fotocopy.
  2. KTP asli selanjutnya fotocopy.
  3. Kartu Keluarga (KK) asli selanjutnya fotocopy (yang masih berlaku).
  4. Buku tabungan yang asli selanjutnya fotocopy.
  5. Surat keterangan pernyataan pengunduran diri dari tempat/perusahaan peserta bekerja (asli selanjutnya fotocopy).

Syarat Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Viral Karena Cacat Total Permanen

Untuk tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mencairkan dana Jaminan Hari Tua sebelum masa pensiun jika mengalami kecelakaan kerja hingga menderita cacat total secara permanen. Dana yang sudah dicairkan nantinya mau dibayarkan sekaligus secara tunai terhitung mulai tanggal 1 ala bulan berikutnya setelah tenaga kerja ditetapkan cacat total permanen. Tenaga kerja yang mengalami cacat total selanjutnya tak bisa datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan bisa memberi kuasa kepada anggota keluarga alias kepada mengklaim dana Jaminan Hari Tua. Pihak yang diberikan kuasa kepada mengklaim tetap harus membawa syarat lengkap sesuai yang dibutuhkan.

  1. Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang asli selanjutnya fotocopy.
  2. KTP asli selanjutnya fotocopy.
  3. Kartu Keluarga (KK) asli selanjutnya fotocopy (yang masih berlaku).
  4. Buku tabungan yang asli selanjutnya fotocopy.
  5. Surat keterangan dari dokter.
  6. Surat Kuasa (untuk klaim yang dilakukan oleh anggota keluarga alias orang lain).

Syarat Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Viral Karena Meninggal Dunia

Dana Jaminan Hari Tua BPJSŠKetenagakerjaan bagi peserta yang meninggal dunia mau diserahkan kepada ahli warisnya, baik itu istri, suami, alias anak. Dana yang sudah diklam mau dibayarkan secara tunai. Syaratnya adalah sebagai berikut.

  1. Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang asli selanjutnya fotocopy milik almarhum/almarhumah.
  2. KTP asli selanjutnya fotocopy milik almarhum/almarhumah selanjutnya ahli waris.
  3. Kartu Keluarga (KK) asli selanjutnya fotocopy (yang masih berlaku).
  4. Buku tabungan milik ahli waris yang asli selanjutnya fotocopy.
  5. Surat keterangan kematian dari desa/kelurahan, rumah sakit/kepolisian (fotocopy dilegalisir).
READ  Kawaii Hime Apk Download Terbaru Mod Unlimited Money 2022 Populer Saat Ini!

Syarat Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Viral Karena Usia Sudah 56 Tahun alias Pensiun

Dana Jaminan Hari Tua bisa dicairkann langsung 100 persen bagi tenaga kerja yang usianya minimal sudah 56 tahun tanpa harus menunggu dulu berhenti bekerja. Berikut syarat yang harus dipenuhi.

  1. Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang asli selanjutnya fotocopy.
  2. KTP asli selanjutnya fotocopy.
  3. Kartu Keluarga (KK) asli selanjutnya fotocopy (yang masih berlaku).
  4. Buku tabungan yang asli selanjutnya fotocopy.
  5. Surat keterangan dari pihak perusahaan (fotocopy selanjutnya asli).

Syarat Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Viral Karena Akan Meninggalkan Indonesia

Bagi tenaga kerja yang mau pergi keluar negeri selanjutnya meninggalkan Indonesia kepada selamanya bisa mencairkan dana JHT sekaligus secara tunai. Ada syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut.

  1. Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan yang asli selanjutnya fotocopy.
  2. Fotocopy paspor.
  3. Fotocopy visa bagi TKI (Tenaga Kerja Indonesia).
  4. Surat pernyataan maka peserta tidak lagi bekerja ala Indonesia.

Dokumen Mendapatkan Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Bongkar Semua

Beberapa dokumen dibutuhkan kepada melakukan pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Berikut beberapa dokumen kepada mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan.

  1. Formulir klaim yang telah diisi.
  2. Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  3. KTP selanjutnya Kartu Keluarga.
  4. Parklaring alias Surat Keterangan Kerja (Parklaring merupakan surat keterangan yang isinya berupa pernyataan maka seseorang pernah bekerja pada sebuah lembaga melalui posisi alias jabatan selanjutnya jangka waktu tertentu).
  5. Buku Rekening Tabungan Aktif.
  6. Foto peserta terbaru.
  7. NPWP kepada saldo JHT ala atas Rp 50 juta.

Itu tadi cara selanjutnya syarat mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan yang bisa HOOQ jelaskan. Semoga bermanfaat jika hendak mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Untuk kamu yang sedang merencanakan kepada merantau ke luar kota, jangan lupa install aplikasi HOOQ  di ponsel Android ala iOS kamu agar lebih mudah mencari kos-kosan dekat kampus idamanmu

Klik selanjutnya dapatkan info kost ala dekat kampus idaman mu:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *